Karakteristik Stem Cells

Apa saja karakteristik unik dari stem cells? 


Semua stem cells, dari mana pun sumbernya, memiliki tiga sifat umum:

Stem cells mampu membelah dan memperbaharui diri mereka untuk jangka waktu yang lama.


Tidak seperti sel otot, sel darah, atau sel saraf yang biasanya tidak dapat bereplikasi, stem cells dapat membelah berulang kali. Populasi awal stem cells yang tumbuh selama beberapa bulan di laboratorium dapat menghasilkan jutaan stem cells. Apabila sel yang dihasilkan tetap tidak terspesialisasi seperti sel induknya, sel-sel ini diperkirakan mampu memperbaharui diri mereka untuk waktu yang lama.

Stem cells tidak terspesialisasi. 


Salah satu sifat dasar stem cells adalah bahwa mereka tidak memiliki struktur jaringan spesifik yang mengizinkan mereka melakukan fungsi-fungsi spesifik. Contohnya, stem cells tidak dapat bekerjasama dengan sel tetangganya untuk memompa darah ke seluruh tubuh (seperti sel otot jantung). Namun, stem cells yang tidak terspesialisasi dapat berubah menjadi sel-sel yang terspesialisasi termasuk sel otot jantung, sel darah, atau sel saraf.

Stem cells mampu berubah menjadi sel yang terspesialisasi. 


Ketika stem cells yang tidak terspesialisasi berubah menjadi sel-sel yang terspesialisasi, proses ini disebut differensiasi. Proses diferensiasi dipicu oleh sinyal dari dalam dan luar sel. Sinyal internal dikendalikan oleh gen. Sinyal eksternal meliputi zat kimia yang diproduksi sel lain, kontak fisik dengan sel tetangga, dan molekul-molekul tertentu dalam lingkungan mikro.